Memaknai Tindakan Ekonomi secara tepat

Apakah anda ingin memahami makna tindakan ekonomi secara tepat menurut teori dalam ilmu ekonomi? Jika iya maka artikel ini merupakan salah satu media yang tepat untuk anda. Untuk dapat memahami makna tindakan ekonomi dengan mudah dan tepat tentunya, maka dalam artikel in akan disajikan ilustrasi yang biasa dilakukan dalam kehidupan sehari-hari manusia.

Ilustrasi untuk mengambarkan tindakan ekonomi

Ilustrasi pertama
Ibu Aminah adalah istri Pak Abdullah, Mereka adalah pasangan suami istri yang hidup bahagia dalam kesederhanaan. Ibu aminah merupakan seorang ibu yang cerdas dan rasional dalam mengatur pengeluaran untuk memenuhi kebutuhan hidup keluarganya. Suatu ketika harga minyak gas atau minyak tanah mengalami kenaikan yang mengakibatkan gaji suaminya tidak mencukupi jika harus memasak menggunakan minyak tanah atau gas, sehingga ibu aminah memutuskan masak makanan dengan menggunakan kayu bakar yang didapatkan dari kebunnya untuk menggantikan minyak tanah.

Ilustrasi Kedua
Contoh tindakan ekonomi
Pak bambang merupakan penjual beras di salah satu pasar tradisional di kabupaten kudus. Awalnya Pak bambang hanyalah seorang tukang parkir dipasar tersebut, namun setelah pak bambang mengetahui bahwa dengan berjualan beras akan memiliki keuntungan yang tinggi dibandingkan dengan resikonya, maka pak bambang memutuskan untuk mengumpulkan modal kemudian membeli beras pada suplier ataupun dari para petani secara langsung dan menjualnya dipasar. Awalnya Pak bambang hanya menjual sedikit mulai dari 1 karung ukuran 100 KG dan hingga kini pak bambang mampu menjual beras dalam jumlah banyak.

Kedua ilustrasi di atas merupakan contoh tindakan ekonomi yang dilakukan manusia dalam kehidupannya, pada ilustrasi pertama disajikan seorang ibu yang memilih menggunakan kayu bakar untuk bahan bakar dalam masak makanan ketika terjadi kenaikan BBM, sedangkan pada ilustrasi kedua adalah tindakan ekonomi yang dilakukan Bapak yang memutuskan menjadi penjual beras karena lebih menguntungkan daripada menjadi tukang parkir. Berdasarkan kedua ilustrasi diatas ada suatu persamaan yaitu kedua ilutrasi tersebut memperlihatkan adanya kemampuan untuk memperhitungkan perbandingan antara pengorbanan dan hasil yang dapat diperoleh. Tentunya manusia harus mampu berusaha agar memperoleh hasil yang lebih tinggi dibandingkan pengorbanan yang dikeluarkan sehingga pada dasarnya tindakan ekonomi yang dilakukan manusia berusaha untuk mendapatkan hasil yang maksimal dan dilakukan secara rasional.




Berdasarkan ilustrasi di atas, maka kita dapat mendefinisikan apa itu tindakan ekonomi, Tindakan ekonomi dalam ilmu ekonomi dimaknai sebagai segala bentuk usaha yang dilakukan manusia dengan berlandaskan pada suatu pilihan yang dianggap paling baik dan dianggap paling menguntungkan. Atau tindakan ekonomi dalam kalimat lain juga dapat didefinisikan sebagai tindakan yang dilakukan manusia untuk memenuhi kebutuhan hidupnya dengan maksud memperoleh hasil yang lebih tinggi dibandingkan pengorbanan yang dikeluarkan. Darimanakah tindakan ekonomi bersumber?? Tindakan ekonomi yang dilakukan manusia bersumber atau berpangkal dari adanya motif ekonomi tertentu dan prinsip ekonomi. Berlandaskan motif ekonomi dan prinsip ekonomi yang dimiliki setiap manusia maka manusia tersebut menjadi tergerak untuk melakukan suatu tindakan yang dianggap paling menguntungkan bagi dirinya. Apa itu motif ekonomi? Dan apa itu prinsip ekonomi? Untuk mengetahuinya silahkan pahami dalam artikel tentang makna prinsip ekonomi dan motif ekonomi. Semoga artikel ini menjadi media yang tepat bagi anda dalam memahami makna tindakan ekonomi.

0 comments:

Posting Komentar

Apabila ada pertanyaan ataupun saran dan kritik silahkan tuliskan pesan dikotak komentar dengan sopan.