Alat pemuas kebutuhan manusia :apa makna dan jenisnya?

Alat Pemuas Kebutuhan -Pernahkan anda menginginkan sesuatu atau membutuhakan sesuatu? Misalnya saja saat habis menunaikan ibadah puasa, anda tidak makan dan minum dari sejak imsak hingga adzan magrib, apa yang anda rasakan?? Tentu anda merasakan lapar dan haus bukan, apa yang anda inginkan atau butuhkan saat anda lapar dan haus?? Tentunya anda membutuhkan sesuatu yang dapat mengatasi rasa lapar dan haus tersebut, apa itu? Tentu saja makanan dan minuman.

Nah, kita sebagai manusia pasti membutuhkan alat pemuas kebutuhan untuk memenuhi kebutuhan hidup kita sehingga kelangsungan hidup kita dapat terjaga serta kesejahteraan hidup kita bisa tercapai. Mengapa manusia membutuhkan alat pemuas kebutuhan? Tentu saja karena manusia memiliki kebutuhan, apa itu kebutuhan manusia dan apa saja jenisnya? Untuk mengetahuinya silahkan baca artikel pengertian dan jenis kebutuhan manusia.

Makna Alat Pemuas Kebutuhan dan bentuknya

Contoh alat pemuas kebutuhan manusia
Dari paragraf di atas maka dapat kita pahami bahwasanya semua manusia didunia ini memiliki suatu kebutuhan, dan kebutuhan tersebut harus dipenuhi manusia untuk dapat bertahan hidup dan untuk mencapai kesejahteraan. Lalu apa yang dapat dilakukan manusia untuk memenuhi kebutuhan tersebut, untuk memenuhi kebutuhan tersebut maka dalam ilmu ekonomi memperkenalkan konsep alat pemuas kebutuhan manusia.

Alat pemuas kebutuhan manusia merupakan sesuatu yang dijadikan manusia untuk memenuhi kebutuhan hidupnya. Secara teori dalam ilmu ekonomi alat pemuas kebutuhan manusia dimaknai sebagai barang atau jasa yang dapat dijadikan sebagai sesuatu yang manfaatkan untuk memenuhi kebutuhan manusia. Dari definisi ini maka Alat pemuas kebutuhan memiliki dua bentuk yaitu barang dan jasa. Barang merupakan bentuk alat pemuas kebutuhan yang dapat kita lihat wujudnya, dapat kita rasakan manfaatnya dan dapat kita lihat bentunya, contoh barang antara lain, pakaian yang anda pakai, laptop atau Hp yang anda gunakan, makan yang anda makan atau minuman yang anda mnum. Sedangkan bentuk alat pemuas kebutuhan yang kedua adalah jasa, jasa adalah bentu alat pemuas kebutuhan manusia yang dapat kita rasakan manfaatnya untuk memenuhi kebutuhan kita namun jasa tidak berwujud dan tidak diketahui bentunya, contoh jasa antara lain jasa dokter yang kita butuhkan saat kita sakit, jasa angkut, jasa pendidikan dan sebagainya.




Kesimpulan
Alat pemuas kebutuhan merupakan suatu yang digunakan manusia untuk memenuhi kebutuhan hidapnya. Bentuk alat pemuas kebutuhan ada dua yaitu barang dan jasa. Barang memiliki berbagai macam sehingga dilakukan penggolongan jenis barang, untuk selengkapnya silahkan baca artikel tentang macam-macam penggolongan barang. Demikianlah bahasan dalam artikel ini semoga bahasan dalam artikel ini dapat menerangkan tentang arti alat pemuas kebutuhan dan bentuknya sesuai ilmu ekonomi.

0 comments:

Posting Komentar

Apabila ada pertanyaan ataupun saran dan kritik silahkan tuliskan pesan dikotak komentar dengan sopan.